Sabtu, 01 Oktober 2011

HUBUNGAN MANUSIA DENGAN KEBUDAYAANYA II


MANUSIA SEBAGAI BAGIAN DARI KEBUDAYAANNYA


Manusia merupakan makhluk social yang  tidak dapat hidup sendiri , oleh karena itu manusia selalu memerlukan bantuan orang lain . Dalam proses membutuhkan bantuan tentu saja anata manusia tersebut akan berinteraksi satu sama lain , interaksi inilah yang membuat manusia hidup bersama-sama sehingga membentuk suatu kelompok .

Dalam membentuk suatu kelompok tersebut  secara tidak sadar manusia membuat suatu pola yang pada akhirnya diturunkan secara turun temurun . Hal ini lah yang akan membentuk suatu kebudayaan , definisi kebudayaan sendiri menurut William H. Haviland Kebudayaan adalah seperangkat peraturan dan norma yang dimiliki bersama oleh para anggota masyarakat, yang jika dilaksanakan oleh para anggotanya akan melahirkan perilaku yang dipandang layak dan dapat di terima oleh semua masyarakat.hal tersebut menjadi acuan atau pedoman dalam suatu kelompok yang bisa disebut dengan masyarakat.

Manusia sangat erat kaitannya dengan kebudayaan karena tanpa manusia tidak mungkin ada kebudayaan karena pola pola yang diciptakan terjadi dari interaksi antar manusia . manusia yang menggerakan suatu budaya atau menjalankan suatu kebudayaan suatu kebudayaan menjadi cirri khas suatu bangsa yang di bentuk oleh sekelompok manusia 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar