Selasa, 29 November 2011

HUBUNGAN MANUSIA DAN KEBUDAYAAN V



HUBUNGAN MANUSIA DENGAN KEBUDAYAAN


KEBUDAYAAN
          kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. menurut ahli kebudayaan Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. sedangkan menurut pendapat lain, Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat. Dari berbagai definisi tersebut, dapat diperoleh pengertian mengenai kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.

UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN
Ada beberapa pendapat ahli yang mengemukakan mengenai komponen atau unsur kebudayaan, antara lain sebagai berikut:
Melville J. Herskovits menyebutkan kebudayaan memiliki 4 unsur pokok, yaitu:
·                     alat-alat teknologi
·                     sistem ekonomi
·                     keluarga
·                     kekuasaan politik



KEBUDAYAAN DAN MANUSIA
sebuah kebudayaan besar biasa ya mempunyai sub-kebudayaan atau bisa di bilang bagian terkecil dari budaya besar. muncul ya sub atau bagian dari kebuadayaan, seperti perbedaan ras, etnis, gender, agama dan kelas.


MANUSIA
manusia merupakan makhluk yang sempurna di antara makhluk lainnya. seperti akal, hewan dan tumbuhan tidak mempunyai akal untuk berfikir tapi mereka berfikir berdasarkan insting n naluri. manusia juga merupakan makhluk sosial, mereka tidak bisa melakukan suatu hal atau mengerjakan sesuatu secara sendiri.

       manusia dan kebudayaan pada dasarnya adalah satu kesatuan . manusia pencipta kebudayaan , kebudayaan menjadi ciri khas bangsa , untuk itu mari lestarikan budaya yang kita miliki .Bangsa yang kaya adalah bangsa yang kaya pula akan budaya nya .







Tidak ada komentar:

Posting Komentar