Sabtu, 19 Oktober 2013

FENOMENA DEMAM K-POP DAN KEBUDAYAAN KOREA SELATAN DI INDONESIA



Assalamualaikum teman-teman sekalian , pada tulisan kali ini saya ingin membahas tentang fenomena demam kebudayaan negara sebrang kita yaitu korea selatan . saya ingin membahas tentang dampak baik buruk nya pengaruh kebudayaan korea selatan .
Teman teman semua pasti tau bahwa akhir akhir ini gaya korea sedang in di Indonesia . hampir banyak dari remaja di Indonesia menggemari dan mengikuti gaya remaja korea , dari mulai pakaian , tingkah laku , penampilan dan lain lain .
Tidak di pungkiri pesona dan daya tarik korea selatan sangat besar . dimulai dari kota dan negaranya yang modern , bersih namun tetap asri dan kental akan kebudayaan khas korea selatan . dari segi entertaiment juga sangat menarik masyarakat terutama remaja indonesia . wajah wanita dan prianya yang cantik dan tampan , membuat siapa saja suka melihatnya . kebudayaan lokal mereka yang unik yang masih dipertahanan sampai sekarang walaupun kehidpan dikorean sudah modern dari segi tekhnologi , transportasi dan lain sebagainya .
Pengaruh kebudayaan korea di indonesia sangat besar terutama pada saat munculnya fenomena k-pop yang di dominasi oleh boyband dan girlband serta serial drama korea yang hampir mewarnai semua stasiun tv akhir-akhir ini . dampaknya indonesia pun ikut membuat project untuk para artisnya dengan konsep ala-ala korea .
Tidak ada salahnya indonesia menyerap kebudayaan asing seperti korea namun segala sesuatunya harus lah disaring dengan sedemikian rupa agar tetap sesuai dengan norma-norma kebudayaan asli negara kita . mengambil semua yang baik dan membuang yang buruk yag tidak sesuai dengan kebudayaan indonesia . saya termasuk orang yang mengagumi negara korea selatan , kota yang bersih , penduduk yang ramah ,wajah penduduknya yang good looking .
Saya selalu berkhayal “kapan indonesia bisa seperti korea?” mempunyai kota yang bersih , transportasi umum yang nyaman , tempat-tempat umum yang terawat dengan baik dan aman .
Korea dahulu juga pernah mempunyai tempat yang kumuh seperti kita , banyak rumah di pinggiran kali dan tidak terawat tentunya mengganggu keindahan kota . namun pemerintah koreamenyulap tempat tersebut menjadi sungai kota yang sekarang menjadi tempat ditengah kota korea atau tepatnya di seoul yaitu sungai  Cheonggyecheo . sungai ini menjadi tempat rekreasi gratis para warga seoul ditengah kota . andai saja pemerintah kita bisa meniru aksi pemerintah seoul untuk membenahi tempat yang kumuh menjadi sesuatu yang bernilai lebih dan menjadi tempat yang nyaman bagi warganya ini menjadi salah satu dampak baik pengaruh kebudayaan korea di indonesia , menyerap / meniru program pemerintah korea untuk membenahi kota ,tetapi saya pikir sekarang sudah mulai ada perkembangan perbaikan tempat-tempat kumuh di kota jakarta seperti yang dilakukan gubernur D.K.I jakarta bapak jokowi .

Seoul mempunyai artis yang sangat menarik siapa saja yang melihat yang membuat orang terkagum-kagum , seperti saya contohnya . kecantikan dan ketampanan mereka memang tidak dapat di pungkiri namun ada segi negatif dari ini , banyak remaja korea(seoul) bukan hanya actris/actornya saja yang mempercantik diri agar lebih terlihat menarik namun remaja disana pun berlomba-lomba mempercantik diri mereka agar terlihat menarik . yang salah pada hal ini menurut saya pribadi adalah mereka melakukan oprasi plastik untuk mempercanti atau memperindah penampilan mereka . hmmm … sangat disayangkan , tentunya kebiasaan ini tidak bisa kita serap diindonesia karena masih sangat tabu sekali dikalangan masyarakat indonesia , namun di korea hal seperti ini menjadi lumrah dilakukan.
Dari segi hiburan banyak artis-artis indonesia yang meniru gaya artis-artis korea dari mulai pakaian penampilan sampai gaya bicara dan tingkah laku . tidak ada yang salah dengan ini namun alangkah lebih baiknya apabila kita tetap mempertahankan apa yang menjadi ciri khas bangsa kita agar bangsa lain pun bisa melihat indonesia secara asli tanpa melihat ada unsur lain .
Sekian tulisan yang saya buat, pada saat ini saya masih dalam tahap belajar masih awan menulis seperti ini , mudah mudahan tulisan saya bermanfaat untuk para pembaca . walai bagaimanapun kita harus tetap mencintai negara dan kebudayaan kita sendiri sebaik dan sebagus apapun negara lain .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar