Minggu, 20 Oktober 2013

PENGARUH POLITIK TERHADAP BISNIS PERCETAKAN


Dalam berbisnis sangatlah penting mempertimbangkan risiko politik dan pengaruhnya terhadap organisasi. Hal ini patut dipertimbangkan karena perubahan dalam suatu tindakan maupun kebijakan politik di suatu negara dapat menimbulkan dampak besar pada sektor keuangan dan perekonomian negara tersebut. Risiko politik umumnya berkaitan erat dengan pemerintahan serta situasi politik dan keamanan di suatu negara.

Setiap tindakan dalam organisasi bisnis adalah politik, kecuali organisasi charity atau sosial. Faktor-faktor tersebut menentukan kelancaran berlangsungnya suatu bisnis. Oleh karena itu, jika situasi politik mendukung, maka bisnis secara umum akan berjalan dengan lancar. Dari segi pasar saham, situasi politik yang kondusif akan membuat harga saham naik. Sebaliknya, jika situasi politik tidak menentu, maka akan menimbulkan unsur ketidakpastian dalam bisnis.

Adanya poltik sangat berpengaruh atau berdampak pada bisnis percetakan .  didalam politik sangat erat kaitannya dengan kedudukan kekuasaan . banyak orang yang ingin meduduki suatu posisi di pemerintahan seperti anggota dewan DPR , DPRD , ketua atau wakil presiden , walikota , gubernur dan lain sebagainya . pada saat mencalonkan diri untuk menduduki suatu posisi di pemerintahan biasanya calon-calon tersebut melakukan kampanye .

Kampanye yang dilakukan tidak luput dari pengenalan jati diri dan visi misi calon kandidat . pengenalan tersebut biasanya di lakukan dengan menggunakan poster , spanduk dan sebagainya yang dipasang diberbagai penjuru tempat agar mudah diihat orang-orang . spanduk , poster , pamplet dan sebagainya tentu saja dapat menguntungkan perusahaan percetakan , karena calon kandidat memperkenal kan atau mempromosikan diri lewat media percetakan .

Sekarang-sekarang ini partai politik yang banyak tidak seperti dahulu membuka peluang para pengusaha bisnis percetakan mendapat pesanan percetakan untuk promosi parpol atau calon anggota dewan . pada zaman dahulu parpol belum begitu banyak jenisnya seperti sekarang , jadi bisa dibayangkan pendapatan untuk pengusaha percetakan tidak lah sebesar sekarang . dewasa ini hampir semua parpol atau calon anggota dewan mempromosikan diri menggunakan poster , spanduk dan lain sebagainya yangv tujuannya untuk mempermudah masyarakat dalam melihat visi misi dan calon nya dan sebagai bentuk pengenalan kepada masyarakat .

Menurut saya pengaruh politik terhadap bisnis percetakan sangatlah besar , spanduk poster dll digunakan untuk mempromosi kan diri . sementara percetakan menjadi wadah untuk membuat media yang bertujuan mempromosikan para kandidat/calon . bisa dibayangkan apabila pemilihan presiden/wakil atau gubernur serta walikota tidak membutuhkan pemilihan langsung dari masyarakat maka promosi pun tidak akan ada dan bisnis percetakan pun akan sepi . apabila parpol sedikit pun tidak akan menaikan pendapatan dalam bisnis percetakan , tidak seperti sekarang banyak parpol dan otomatis pendapatan perusahaan dalam bisnis percetakan pun meningkat .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar